Notification

×
Copyright © Terdepan Mengabarkan Tentang Indonesia

Kuliner

Iklan

Hadiri PKS Talks, Koordinator ICW: Independensi Pegawai KPK Hilang Akibat Alih Status Jadi ASN

FEC Media
Sabtu, 05 Juni 2021, Juni 05, 2021 WIB

 

Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Adnan Topan Husodo (Foto:Ist)


Jakarta, Detakterkini.com-- Dalam diskusi publik PKS Talks yang bertajuk Pemberantasan Korupsi Mati Berdiri,  Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Adnan Topan Husodo menilai prasyarat utama lembaga anti korupsi yang kuat terletak pada independesi. Apabila sebuah lembaga penegak hukum sudah kehilangan independensi, maka lembaga tersebut akan lemah.





“Sebenarnya kalau kita berbicara tentang lembaga anti korupsi yang kuat prasyarat utamanya itu pada independensinya, ujar Koordinator ICW Adnan Topan Husodo di acara PKS Talk, Jumat (4/6/2021).





Menurutnya, revisi UU KPK jelas mencabut independensi KPK karena menempatkan KPK sebagai bagian dari lembaga eksekutif.





“Dan ini yang dicabut oleh Undang-Undang KPK baru dengan menenmpatkan KPK sebagai eksekutif”.





Ia menganggap kewenangan yang luar biasa yang selama dimiliki KPK dalam mengusut kasus korupsi pada akhirnya dibatasi.





“Proses-proses yang dianggap power full yang selama ini dimiliki oleh KPK juga dibatasi”.





Adnan Topan Husodo menambahkan selain independensi lembaga, ada faktor kedua yang lebih penting yakni independensi pegawai KPK itu sendiri. Menurutnya, proses alih status KPK dari yang semula pegawai independen kemudian diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) menghilangkan independensi pegawai KPK).





“Dan yang kedua selain independensi badannya, adalah independensi para pegawainya, nah disinilah TWK menjadi persoalan”, uangkapnya.






Ia menyimpulkan bahwa alih status pegawai KPK dari pegawai independen menjadi ASN  berdasarkan amanat UU KPK yang baru telah mencabut independensi pegawai KPK.





“Revisi undang-undang KPK menghapus status pegawai KPK sebagai pegawai yang independen karena semuanya di ASN-kan” ungkapnya.





Adnan juga mengatakan ada usaha lain yang dilakukan dalam upaya pelemahan KPK.

“Sebenarnya ada scenario lain yang diguakan untuk mematikan KPK adalah dengan menempatkan pimpinan KPK yang buruk baik dari sisi integeritas, kapabilitas, dan independensinya, pungkas Adnan Topan Husodo.




Diskusi publik PKS Talk bertemakan “Pemberantasan Korupsi Mati Berdiri” dilaksanakan secara virtual dan disiarkan  secara langsung melalui kanal Youtube PKS TV, Instgram dan Facebook PKS.

Komentar

Tampilkan

  • Hadiri PKS Talks, Koordinator ICW: Independensi Pegawai KPK Hilang Akibat Alih Status Jadi ASN
  • 0

FEC MEDIA NETWORK

Topik Populer

Iklan Dalam Feed